Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu membidik tingkat penerimaan pajak bisa tumbuh sekitar 20 persen pada 2018. Dalam hal tersebut, angka 20 persen dinilai tidak akan membebani pengusaha nasional karena target penerimaan pajak sudah ditetapkan melalui pertimbangan yang matang.

“Tidak, karena kita akan tetap berhati-hati. Pemungutan akan tetap dilakukan berdasarkan data dengan benar serta prosesnya dibuat semudah mungkin,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Selasa malam (9/1).

Apabila muncul keluhan dari pengusaha, maka para pengusaha bisa datang dan menyampaikan secara langsung kepada pemerintah melalui dirinya. Menurut Sri, dengan adanya masukkan dari pengusaha menjadi penting karena pemerintah bisa segera merespons langsung. “Supaya kita juga bisa merespons,” ungkapnya.

Ani menegaskan, penerimaan pajak yang ditetapkan pemerintah tidak akan memberikan beban terhadap dunia usaha lantaran pemerintah terus mendukung agar dunia usaha bisa tumbuh lebih maksimal. Adapun dunia usaha memiliki kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi sehingga pemerintah tidak berkeinginan membuat aktivitas dunia usaha terhambat. “Pokoknya penerimaan pajak tanpa buat dunia usaha merasa bahwa beban atau ketakutan itu akan muncul bagi mereka,” tutur Ani.

HA/dbs

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here