Salah satu menteri di kabinet kerja Joko Widodo ingin membuktikan kepada para menteri kabinet kerja lainnya bahwa sebagian besar pajak digunakan untuk bangun jalan tol. Menteri tersebut adalah Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menurutnya, salah satu proyek yang akan rampung Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi 1 (Tanjung Morawa-Parbarakan).

Menteri Basuki menargetkan tol MKTT selesai April 2018. Rencananya Tol dengan panjang 10,75 km akan tersambung dengan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) sepanjang 34 km yang dikelola oleh PT. Jasa Marga. “Saya mengajak Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke Tol MKTT sebagai laporan kami, Kementerian PUPR atas penggunaan pajak untuk pembangunan infrastruktur,” katanya.

Untuk Seksi 1A dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sepanjang 3,25 km dengan progres tanah 97,05 persen dan konstruksi 70,24 persen. Seksi terakhir yang ditargetkan rampung Desember 2018 yakni Seksi VII (Sei Rampah-Tebing Tinggi) sepanjang 9,3 km, progres tanahnya 84,5 persen dan konstruksi 12,3 persen. “Tol MKTT dan Tol Medan Binjai ditargetkan akan selesai dan tersambung seluruhnya pada akhir Desember 2018,” kata Kepala BPJT Hery Trisaputra Zuna.

HA/dbs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here