Sosialisasi hukum humaniter internasional, hukum hak azasi manusia, dan hukum udara digelar di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, diikuti sejumlah prajurit perwira TNI Angkatan Udara, di gedung Serbaguna, Rabu (17/1).

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto mengatakan, sosialisasi tersebut sangat perlu dilakukan untuk membekali prajurit mengenai pemahaman yang berkaitan dengan kaidah-kaidah hukum udara bagi prajurit TNI AU. “Kegiatan ini cukup penting, karena akan sangat membantu TNI Angkatan Udara, khususnya dalam melaksanakan pembinaan kemampuan bidang hukum bagi prajurit. Semoga kegiatan ini dapat memberikan solusi atas berbagai kendala hukum yang ditemukan di lapangan,” katanya melalui rilis yang diterima tribunmaros.com dari Humas Lanud.

Biasanya prajurit kerap menemukan masalah yang bersifat teknis maupun taktis mengenai permasalahan hukum humaniter, hukum HAM maupun hukum udara. Sementara itu Kadiskumau Marsma TNI S.Damani mengatakan hukum humaniter internasional, hukum HAM dan hukum udara sangat penting dan wajib diketahuai dan dipahami oleh perwira dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

“Pemahaman ketiga hukum tersebut sangat wajib diketahui oleh para perwira. Sehingga dalam melaksanakan tugas, dapat berjalan dengan lancar dan tidak terkendala dengan adanya permasalahan hukum,” katanya.

Acara sosialisasi ini juga dihadiri delegasi International Committee of the Red Cross Indonesia, Kepala Dinas Logistik Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Tek Tumpal Silitonga, Kepala Dinas Personel Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb Bambang Sudewo, serta beberapa pejabat dan perwira lainnya.

HA/dbs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here